Kecepatan Cahaya vs Kecepatan Gelap: Mana yang Lebih Cepat?

ilustrasi kecepatan cahaya di luar angkasa


raSains.com - Kecepatan cahaya adalah kecepatan tertinggi di alam semesta. Tidak ada yang mampu menyaingi kecepatannya. Dalam fisika, kecepatan cahaya disimbolkan c dengan presisinya mencapai 299.792.458 meter per detik.

Di sisi lain, di mana ada cahaya di sana ada kegelapan. Jika cahaya memiliki kecepatan yang paling tinggi di alam semesta, lalu bagaimana dengan kecepatan kegelapan? 

Mana yang lebih cepat, cahaya atau kegelapan?

Seberapa cepat kecepatan kegelapan? Sebuah percobaan sederhana bakal membantu kamu mengukurnya. Bayangkan, saat ini kamu sedang memegang senter yang sangat kuat. Katakanlah kekuatan cahaya yang dipancarkan senter tersebut dapat mencapai Jupiter.

Misalnya saja lebar cahaya senter kamu dapat menutupi seluruh diameter planet gas tersebut. Pada saat itu, gerakan jari kamu untuk menutupi lensa senter dan bayangan besar otomatis bakal muncul di permukaan planet Jupiter.

Jika kecepatan cahaya mencapai hampir 300.000 kilometer per detik, bukankah itu berarti kegelapan lebih cepat dibanding cahaya? Di sisi lain, para ilmuwan sepakat jika tidak ada satupun materi yang dapat bergerak melampaui kecepatan cahaya.

Apakah ini berarti hukum fisika mengenai kecepatan cahaya telah dilanggar? Sayangnya tidak. Alasannya kembali kepada pengertian kegelapan itu sendiri. Secara sederhana, kegelapan adalah keadaan ketiadaan cahaya atau lebih spesifiknya saat foton dan partikel cahaya tidak ada.

Dengan kata lain, gelap sebenarnya tidak ada, yang ada hanyalah ketiadaan cahaya. Oleh karena itu kecepatan kegelapan juga tidak ada pula, karena yang bergerak adalah ketiadaan foton.

Neil DeGrasse Tyson, peneliti dan pendiri Department of Astrophysics at the American Museum of Natural History, mengatakan kecepatan gelap itu tidak ada, yang ada hanyalah ‘negatif kecepatan cahaya’.

Hal ini dikarenakan gelap dihapus oleh cahaya dalam kecepatan cahaya. Sehingga kecepatan gelap akan menjadi negatif kecepatan cahaya. “Jika cahaya adalah vektor, ia memiliki magnitudo dan arah, jadi ... untuk menyebutnya negatif berarti berada dalam arah yang negatif. Kegelapan surut bukannya maju,” katanya seperti dikutip dari Gizmodo.

percobaan sederhana mengukur kecepatan gelap dan cahaya melalui kartun


Berdasarkan penjelasan Tyson, dapat diambil kesimpulan kalau kecepatan gelap sama dengan kecepata cahaya. Namun jika kamu meluaskan konsep kegelapan menjadi materi gelap (dark matter), maka kamu akan mendapatkan jawaban yang berbeda. 

Materi gelap adalah tipe materi yang berbeda dengan materi biasa seperti proton, neutron, dan elektron. Meski materi gelap tidak pernah diamati, namun keberadaannya dapat dibuktikan dari efek gravitasi. Diperkirakan 80 persen alam semesta terdiri atas materi ini.

Berdasarkan penelitian yang diadakan tahun 2013, para ilmuwan memperkirakan materi gelap bergerak dengan kecepatan 54 meter per detik. Jauh lebih lambat dibanding kecepatan cahaya.

Sekarang jika pengertian gelap diperluas kembali menjadi lubang hitam (black hole). Lubang hitam adalah bintang raksasa yang mati dan memiliki gravitasi yang amat kuat. Bahkan cahaya pun tidak bisa kabur dari daya tariknya.

“Dekat dengan lubang hitam, benda akan tertarik dalam kecepatan cahaya. Ketika memasuki ‘cakrawala’, tidak ada yang bisa lolos. Bahkan cahaya pun terjebak di dalamnya selamanya,” kata Avi Loeb, Kepala Jurusan Astronomi Harvard.

Bintang yang mati masih memiliki massa, namun dikompres ke dalam ruang yang sangat kecil. Untuk menghemat momentum sudut, maka laju putaran lubang hitam naik drastis.

Dikutip dari National Geographic, pada tahun 2013 para astronom berhasil mengukur putaran lubang hitam supermasif yang berjarak 60 juta tahun cahaya. Di mana kecepatan putarannya mencapai 84 persen kecepatan cahaya. 

Menariknya, kecepatan putaran lubang hitam di jantung galaksi NGC 1365 ini dianggap sebagai batas maksimum yang diperbolehkan hukum fisika.

Video kupas tuntas kecepatan gelap

Bagi yang masih penasaran, kamu bisa menyaksikan video menarik dari Vsauce di bawah ini. Video ini bakal membahas mengenai kecepatan gelap dengan lebih gamblang dan mudah dimengerti



Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar antariksa dan alam semesta atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Roberto S

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »