Serunya Berburu Fosil Dinosaurus di Pantai Unik Jurassic Coast



raSains.com - Dunia memiliki sejumlah pantai unik, mulai dari pasir berwarna-warni hingga pemandangan yang menakjubkan. Setidaknya ada 25 pantai paling unik dan terindah di dunia. Namun hanya Jurassic Coast saja yang memungkinkan pengunjungnya berburu fosil dinosaurus asli!

Ya, asli dan kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Menarik sekali kan?

Warisan dunia yang cuma ada di Inggris

Jurassic Coast terletak di Selat Inggris, di sisi selatan Inggris. Terbentang dari Orcombe Point di dekat East Devon hingga Old hary Rocks di timur Dorset. Dengan total panjangnya mencapai sekitar 154 km.

Di mana sebagian besar pantainya terdiri atas tumpukan batu, lengkungan, dan tebing. Di beberapa tempat juga terdapat teluk kecil yang terbentuk akibat hantaman ombak ke tebing selama ribuan tahun.

Pantai ini begitu istimewa karena berhasil merekam sejarah geologi selama jutaan tahun. Setidaknya ada tiga periode yang tercatat di sini, yakni Trias, Jura, dan Kapur.

Di mana selama periode Trias, daerah ini merupakan padang pasir. Kemudian berubah menjadi bagian dari laut tropis saat periode Jurassic, dan terakhir menjadi rawa-rawa dangkal ketika periode Kapur. Jika ditotal, maka Jurassic Coast telah menjadi saksi perubahan permukaan Bumi selama 185 juta tahun.

Tidak mengherankan jika sepanjang garis pantainya dapat ditemukan ribuan fosil hewan dan tumbuhan dari berbagai periode. Uniknya, semua fosil masih terpelihara dengan baik. Sehingga dapat memberikan banyak informasi mengenai bentuk tubuh, bagaimana mereka mati, dan makanan terakhir yang disantap.

Sejumlah fosil yang ditemukan di area Jurassic Coast di antaranya yaitu serangga, ikan, moluska, echinodermata, reptil, amfibi, dan beberapa mamalia. Sedangkan fosil tumbuhan yang telah ditemukan pohon pakis dan tumbuhan runjung.

Untuk menjaga kelestariannya, pantai ini telah ditetapkan sebagai World Heritage Site (situs warisan dunia) sejak Desember 2001 oleh UNESCO. Penetapan ini membuat Jurassic Coast menjadi situs warisan dunia alam pertama di negara Inggris.

Jurassic Coast dari masa ke masa

Pengakuan terhadap Jurassic Coast tidak bisa dilepaskan dari kelahiran Paleontologi, studi yang khusus mempelajari fosil. Di mana orang-orang mulai mencari dan meneliti hewan-hewan yang telah punah.

Mary Anning (1799-1847), kolektor fosil, yang tinggal di Lyme Regis adalah orang  pertama yang berhasil menemukan kerangka Ichthyosaur lengkap pertama di The Spittles, daerah tebing pantai di sekitar Dorset.

Setelah itu, sejumlah fosil dinosaurus lainnya juga turut ditemukan, mulai dari Plesiosaurus dan Pterosaurus, serta jenis invertebrata seperti Cephalopoda beserta kantung tinta mereka.

Sebelum ada Paleontologi, orang-orang yang tinggal di sekitar Jurassic Coast mengambil fosil untuk dijual sebagai barang antik kepada pengunjung.

Ketika Perang Dunia Kedua meletus, Kementerian Perang mengalihfungsikan sejumlah area Jurassic Coast menjadi basis angkatan laut. Menjadi pangkalan terbesar yang ada di Portland Harbor, meski kemudian ditutup.

Berburu fosil asli sembari melintasi waktu ke masa lalu

Credit: H080

Popularitas Jurassic Coast tidak bisa dilepaskan dari aktivitas perburuan fosil asli. Banyak kolektor yang datang dari penjuru dunia untuk sekedar berburu sisa peninggalan binatang purba di sini. Apakah aktivitas ini tidak mengancam kelestarian pantai?

Tentu saja tidak. Alasannya karena jika dibiarkan, maka fosil bisa hancur dihantam ombak. Selain itu, perburuan hanya diperbolehkan di tempat-tempat tertentu saja. Jadi kamu tidak bisa seenaknya mengambil fosil di seluruh area.

Lalu kapan waktu yang paling tepat berburu fosil dinosaurus? Waktu yang paling pas adalah setelah badai atau ketika ada tebing yang longsor. Peristiwa alam ini bakal memudahkan pengunjung mendapatkan fosil yang selama ini tersembunyi di balik pasir dan tanah.

Meski kadang-kadang terjadi badai, namun runtuhnya tebing tidak terjadi setiap saat. Longsor paling besar terjadi pada 2015 silam. Seperti dikutip dari Telegraph, kejadian ini berhasil menarik ratusan pemburu fosil. 

Tidak kurang dari dua ratus orang pergi menyisir pantai di Desa Charmouth, Jurassic Coast, untuk mengumpulkan fosil dari reruntuhan yang jatuh.

Menurut penduduk lokal, peristiwa tahun 2015 tersebut adalah yang terbesar. “Saya sudah di sini selama 20 tahun dan tidak pernah menjumpai kejadian semacam ini. Ini adalah runtuhan terbesar yang pernah terjadi selama bertahun-tahun,” kata Tony Gill, pemilik toko fosil Charmouth.

Namun berburu fosil bukan satu-satunya aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Ada sejumlah kegiatan yang tidak kalah mengasyikan, seperti menikmati keindahan Jurassic Coast dari laut. Di sini memang ada sejumlah jasa penyewaan kapal yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling.

Jangan lupa juga mampir ke museum untuk melihat fosil dinosaurus ukuran raksasa, serta mengikuti beragam acara menarik yang digelar tiap bulannya, seperti Dinosaur Footprints Walk, Jurassic Coast Art Exhibition, dan lain sebagainya.

Mudahnya sampai ke pantai unik ini

Sumber gambar: Wikimedia

Jurassic Coast adalah tempat wisata yang sangat mudah diakses, bahkan dari seluruh Inggris. Kamu bisa menggunakan tiga macam transportasi untuk kemari, yakni bus, kereta, dan mobil pribadi.

Untuk bus, kamu bisa menaiki Jurassic Coaster Bus. Bus ini bakal membawamu melewati sepanjang garis pantai, dan mampir ke sejumlah desa dan kota yang ada di sekitar Jurassic Coast, termasuk Axminster dan Weymouth.

Sedangkan untuk transportasi kereta, terdapat tiga jalur yang bakal melewati pantai unik ini. Baik dari arah London ataupun seluruh wilayah Inggris. Jalur pertama dari arah Weymouth melalui Dorchester, Wareham, Poole dan seterusnya sampai London Waterloo.

Jalur kedua dari arah barat dan menghubungkan Exeter dengan London Waterloo. Kereta terakhir berangkat dari Weymouth melalui Dorchester menuju Bristol.

Sedangkan jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengambil jalur A35 ke barat dari Poole melewati Dorchester, Bridport dan Charmouth. Di mana jalur ini juga terhubung dengan A3052 yang melewati East Devon ke Exeter. 

Jadi kira-kira kapan kamu mau berburu fosil dinosaurus di pantai unik ini?

Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar travel dan ragam atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: James West

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »