Kapan Waktu Olahraga Terbaik Menurut Sains, Pagi atau Sore?

seorang pria yang sedang berolahraga di gym


raSains.com - Kapan waktu olahraga yang paling baik? Kamu mungkin akan menjawab pagi adalah waktu terbaik, atau sore adalah waktu yang paling pas. Tapi bagaimana jika pertanyaannya sedikit diubah menjadi, “kapan waktu olahraga terbaik menurut sains?

Kira-kira apa jawaban kamu? Pagi atau sore?

Tentukan tujuan, baru waktu olahraga kemudian

Apa tujuan kamu berolahraga? Menjaga kebugaran, membentuk otot, atau menurunkan berat badan? Kamu harus menentukan tujuan olahraga kamu terlebih dahulu, sebelum menentukan waktu yang paling tepat, apakah pagi atau sore.

Pasanya sejumlah penelitian telah membuktikan, jika olahraga di waktu yang berbeda akan membawa efek yang berlainan pula. Misalnya studi yang dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise pada tahun 2012 yang meneliti dampak olahraga di pagi hari.

Penelitian yang melibatkan tujuh belas perempuan tersebut berhasil menguak efek olahraga sebelum sarapan dapat mengurangi ketertarikan kamu terhadap makanan. Ini membuat olahraga di pagi hari cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Lain halnya dengan studi mengenai olahraga di sore hari yang dimuat di jurnal Chronobiology International. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan adanya perubahan suhu tubuh di sore hari.

Dampaknya aktivitas enzim dan fungsi otot mengalami peningkatan yang signifikan dibanding pada pagi hari. Sehingga sore hari merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan massa otot.

Perbedaan efek antara olahraga pagi dan sore inilah yang harus kamu perhatikan baik-baik. Jadi pilihlah waktu olahraga yang pas, agar tujuan olahraga kamu dapat tercapai.

Tujuan dan waktu olahraga yang paling tepat

dua orang perempuan sedang berolahraga di gym
Credit: Watch Mojo

Setelah membaca penjelasan di atas, kini saatnya kamu menentukan tujuan dan waktu olahraga yang tepat. Paling tidak ada lima tujuan olahraga secara umum yaitu mengurangi stres, menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, massa otot, dan kekuatan otot.

Kira-kira yang mana tujuan olahraga kamu? Berikut ini lima tujuan dan waktu olahraga yang tepat yang bisa kamu pilih seperti dikutip dari Medical Daily dan Greatist.

1. Mengurangi stres dan bikin tidur lebih nyenyak – pagi hari

perempuan cantik yang tertidur di bangku taman
Credit: Tricks Ware

Merasa stres? Atau tidak bisa tidur di malam hari? Cobalah rutin olahraga pagi. Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research, olahraga di pagi hari terbukti membuat kamu lebih rileks dan dapat menurunkan tekanan darah.

Menurut Dr. Scott Collier, ketua tim peneliti, tekanan darah orang yang rutin olahraga pagi menurun hingga sepuluh persen. Tidak hanya itu, tidur mereka juga menjadi lebih nyenyak. Hal ini berimbas pada peningkatan kesehatan jantung dan penurunan rasa cemas serta stres.

2. Mengurangi berat badan – pagi dan sore hari

foto wanita cantik bertubuh ideal dengan latar danau
Credit: Mark Sebastian

Jika tujuan kamu mengurangi berat badan, maka olahraga di pagi hari dan sore itu tidak ada bedanya. Alias sama-sama mampu mengurangi berat badan. Sejumlah penelitian telah membuktikan hal ini.

Pertama penelitian yang dipublikasikan di Medicine and Science in Sports and Exercise. Penelitian ini menunjukan olahraga pagi dapat menekan nafsu makan kamu. Ini membuat porsi makan kamu lebih sedikit. 

Fakta ini diperkuat oleh penelitian lain yang dimuat di Journal Physiologi. Dalam laporan tersebut terungkap olahraga sebelum sarapan mampu menurunkan berat badan secara drastis. Pasalnya jumlah lemak dan kalori yang dibakar jauh lebih banyak.

Sedangkan penelitian mengenai manfaat olahraga sore telah dipublikasikan pada tahun 2010. Penelitian tersebut melibatkan sejumlah perempuan yang telah menopause. Di mana mereka diminta untuk rutin berjalan-jalan setiap sore. Hasilnya berat badan mereka turun.

Tidak hanya itu saja, pola makan mereka juga turut berubah. Di mana porsi sarapan menjadi lebih banyak dan porsi makan siang hari berkurang. Selain itu, tekanan darah mereka menjadi normal serta penurunan resiko obesitas.

3. Meningkatkan stamina – sore hari

seorang pria tengah kelelahan setelah berolahraga di gym
Credit: Amber Karnes

Kalau kamu sering merasa tidak bertenaga dan mudah lelah, artinya stamina kamu perlu ditingkatkan. Cara yang paling efektif untuk meningkatkannya yaitu berolahraga di sore hari. Hal ini berdasarkan studi yang dimuat di Chronobiology International.

Dalam laporan tersebut, para peneliti menemukan jika suhu tubuh akan meningkat pada sore hari. Temuan ini juga diperkuat oleh penelitian lain. Di mana tekanan darah dan detak jantung pada posisi paling rendah di waktu sore. Ini membuat resiko cedera kian kecil. 

Karena itu, para peneliti menyarankan kamu untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas yang tinggi. Misalnya lari, bersepeda, ataupun berenang. Pasalnya di waktu ini suhu tubuh meningkat sehingga resiko cedera sangat kecil.

Pastikan juga kamu berolahraga di waktu yang sama setiap harinya. Misalkan kamu olahraga setiap jam 4 sore, maka rutinlah berolahraga pada jam ini. Dengan begitu tubuh kamu dapat beradaptasi dengan baik, dan dampaknya stamina kamu akan meningkat drastis. 


4. Meningkatkan massa otot – sore hari

seorang pria tampan sedang berolahraga push up
Credit: Pablo TorresCosta

Bagi kamu yang bermimpi memiliki tubuh yang atletis, luangkanlah waktu untuk berolahraga pada sore hari. Pasalnya olahraga sore terbukti ampuh meningkatkan massa otot. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon yang hanya terjadi pada sore hari.

Di mana hormon testosteron meningkat, dan hormon kortisol menurun. Testosteron sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot, sedangkan penurunan kortisol berdampak pada jumlah lemak yang akan disimpan oleh tubuh. 

Dalam penelitian lain yang dipublikasikan di Journal of Strength and Conditioning Research, olahraga sore terbukti mampu meningkatkan massa otot secara signifikan yaitu sebesar 3,5 persen.

Bandingkan dengan mereka yang rutin berolahraga pagi, di mana kenaikan massa ototnya hanya 2,7 persen saja. Lebih rendah 0,8 persen dibanding mereka yang rutin olahraga sore.

5. Meningkatkan kekuatan otot – sore hari

seorang perempuan sedang push up di halaman
Credit: Fit Approach

Olahraga sore memang mampu meningkatkan kekuatan otot. Penelitian mengenai ini telah dipublikasikan belasan tahun silam. Tepatnya pada tahun 1998 di jurnal Medicine and Science in Sports Exercise. 

Penelitian ini mengamati perubahan otot dari waktu ke waktu pada sepuluh pria berumur 20 tahun. Hasil penelitian menunjukan jika peningkatan performa otot terbaik terjadi pada sore hari. 

Namun ada hal yang perlu kamu catat, yakni peningkatan performa ini tergantung dari jenis olahraga dan kecepatan gerakan kamu.

Video mengenai waktu terbaik untuk berolahraga

Bagi kamu yang lebih suka nonton dibanding membaca, kamu bisa menonton video dari Fitness Blender berikut. Video ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan olahraga di waktu pagi, sore, dan malam. Jadi kamu bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.


Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar kesehatan atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Thoroughly Reviewed

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
15 Juni 2017 16.23 delete

wah paling enak pagi dan sore ya, banyak manfaatnya.




koper merek luggo

Reply
avatar