13 Senjata Masa Depan yang Akan Digunakan di Perang Dunia Ketiga

Pasukan Star Wars berwarna hitam


raSains.com - Jika tiga ratus tahun lagi Perang Dunia Ketiga pecah, kira-kira senjata apa yang akan digunakan para tentara? Tentunya senjata masa depan tersebut sangat canggih, bahkan di luar bayangan manusia jaman sekarang.


Namun paling tidak, cikal bakal senjata  tersebut sudah kelihatan. Baik yang telah digunakan, masih berupa prototipe, maupun dalam tahap penelitian. Berikut ini 13 teknologi yang menjadi cikal bakal senjata masa depan di Perang Dunia Ketiga, seperti dikutip dari Listverse dan Rich Kid.


1. Pedang laser alias light saber

light saber merah dari star wars
Credit: Pixabay

Teknologi hari ini memang belum bisa memproduksi senjata para Jedi ‘Star Wars’, namun cikal bakalnya sudah mulai diteliti. Para ilmuwan dari Harvard dan MIT pada 2013 lalu dilaporkan berhasil memanipulasi foton menjadi molekul foton.

Langkah selanjutnya tinggal menghubungkan foton menjadi molekul. Jika ini berhasil, maka tinggal selangkah lagi mengembangkan light saber.


2. Cyborg

cyborg keren dari masa depan
Credit: Pixabay
Kedengarannya memang seperti film fiksi ilmiah, namun menciptakan cyborg bukan hal yang mustahil. Melihat bagaimana teknologi hari ini mampu membuat mata dan lengan bionik. Maka dalam tempo ratusan tahun, tentara cyborg bakal menjadi kenyataan.

Apalagi penelitian yang dilakukan Vanderbilt University telah mampu menciptakan bionic exoskeleton untuk orang-orang yang lumpuh. Hasilnya pun cukup menjanjikan. Di mana pasien yang lumpuh dapat berjalan dengan kecepatan 0,8 kilometer perjam.

Meski kini bionic exoskeleton masih digunakan untuk medis, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan digunakan untuk keperluan militer.

3. Teleportasi

peta data dunia
Credit: Pixabay

Kamu mungkin mengira hal ini mustahil, namun penelitian yang dilakukan University Maryland dan University Machigan telah membuka kemungkinan keberadaan alat teleportasi di masa depan. Dalam esai yang dimuat di jurnal Science, para ilmuwan telah menemukan cara memindahkan informasi menggunakan proton.

Caranya dengan memanfaatkan dua buah ion yang ditaruh di dalam ruang hampa yang dikelilingi medan elektrik. Selanjutnya ilmuwan menembakan laser kepada dua ion tersebut. Proses ini akan menciptakan fenomena kuantum yang disebut sebagai entanglement.

Proses ini membuat muatan ion menjadi bertukar tempat alias berteleportasi. Sayangnya, penggunaan untuk objek materi masih sangat jauh. Untuk sekarang, para ilmuwan tengah berfokus mempercepat pertukaran ‘muatan’ antar ion.

4. Neuralyzer

agen J MIB memegang neuralyzer

Masih ingat neuralyzer atau alat penghapus ingatan di film Men in Black? Alat ini tentu sangat efisien dalam dunia intelijen, terutama untuk menjaga informasi rahasia tidak bocor. Dengan neuralyzer, kerahasiaan mereka mampu tersimpan rapi.

Cikal bakal neuralyzer telah dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan asal New York. Mereka berhasil membuat obat yang mampu memblokir PKMzeta, substansi otak yang berfungsi untuk mengolah informasi. Untuk saat ini, obat tersebut baru diuji coba kepada tikus.

5. Regenerasi tubuh

virus berwarna hijau
Credit: Pixabay

Regenerasi tubuh di satu sisi adalah kemajuan dunia medis, namun di sisi lain berarti tentara ‘abadi’. Para prajurit yang maju ke medan tempur tidak perlu lagi khawatir kehilangan anggota tubuhnya lagi.

Gilanya, teknologi regenerasi ini sudah mulai diteliti oleh NYU Langone Medical Center. Mereka mencoba bereksperimen menggunakan genetika tikus untuk menumbuhkan ujung jari yang terpotong. Jika ini sukses, maka dipastikan Perang Dunia Ketiga bakal berlangsung sangat lama.

6. Perimeter

ledakan dasyat akibat bom
Credit: Pixabay

Senjata super canggih ini sudah dibangun oleh Uni Soviet pada tahun 1984. Teknologi ini memungkinkan Rusia menembakan ribuan rudal ke Amerika Serikat dalam waktu bersamaan! Rudal-rudal tersebut bakal diluncurkan dari berbagai pangkalan rahasia yang tersebar di negeri Beruang Merah tersebut.

Diperkirakan seratus juta orang Amerika akan tewas akibat penggunaan Perimeter ini. Hal terakhir yang harus kamu tahu ialah Perimeter masih aktif sampai hari ini. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diaktifkan.

7. Reaktor fusi nuklir

ilustrasi proses fusi nuklir
Credit: Mattias Weinberger

Energi adalah salah satu hal yang dibutuhkan militer dalam pertempuran. Tanpanya, kendaraan tempur akan teronggok tidak berguna. Reaktor fusi nuklir adalah teknologi paling mutakhir untuk menghasilkan energi dalam jumlah besar.

Untuk saat ini, reaktor fusi nuklir masih dalam tahap pengembangan. Sejumlah ilmuwan tengah berusaha memahami fusi nuklir melalui reaksi deuterium-tritium. Jika berhasil, maka krisis energi di masa depan dapat terpecahkan.

Dengan tidak menutup kemungkinan reaktor fusi nuklir akan dimanfaatkan sebagai teknologi militer masa depan.

8. Teknologi kamuflase kuantum



Peralatan kamuflase juga akan berubah, dengan memanfaatkan teknologi kuantum. Perbedaan kamuflase kuantum dengan pendahulunya terletak pada cara kerjanya. Di mana peralatan ini bekerja dengan cara membengkokan cahaya. Sehingga penggunanya seakan menghilang.

Beda dengan kamuflase konvensional yang menyamarkan pengguna dengan lingkungan sekitar. Teknologi canggih ini masih dikembangkan oleh militer Kanada dengan dukungan penuh dari Amerika Serikat.

9. Serangga hibrid

HI MEMS senjata serangga hibrid buatan Amerika Serikat
Credit: Geek

Cikal bakal penggunaan serangga hibrid dalam dunia militer sudah dimulai melalui Proyek The Hybrid Insect Micro-Electro-Mechanical System (HI MEMS). Proyek garapan The Defense Advanced Research Project Agency (DARPA), lembaga riset pertahanan Amerika Serikat, ini telah sukses diuji coba.

HI MEMS sendiri berwujud serangga dewasa yang ditanamkan sirkuit elektrik. Sehingga dapat dikendalikan dari jarak jauh, layaknya drone. Senjata ini sangat cocok digunakan untuk memata-matai musuh. Apalagi kamera dan mikrofon super kecil dapat disematkan ke dalamnya.

10. Senjata laser

senjata laser LaWS buatan Amerika Serikat
LaWS dalam uji coba di tahun 2014

Terdengar fiksi memang, tapi kenyataanya militer Amerika Serikat telah memiliki prototipenya. Namanya adalah Laser Weapon Systems (LaWS). Senjata ini bahkan sudah diuji coba pada tahun 2014. Hasilnya memuaskan.

Pantas saja jika LaWS digadang-gadang menjadi sistem persenjataan utama Amerika Serikat. Pasalnya senjata ini mampu menembakan laser berkekuatan 30 kilowatt laser dengan biaya yang sangat murah. Cuma $0,58 (sekitar Rp8.000).

Senjata laser ini tentu berbeda dengan senjata laser ZM-87 milik Korea Utara. Pasalnya ZM-87 hanya memiliki kemampuan untuk merusak sensor fotoelektrik dan membutakan manusia.

11. Smart firearm



Jika sekarang ada smartphone, maka di masa depan pasti ada smart firearms atau senjata api pintar. Senjata ini bakal menggabungkan komputer dengan senjata api konvensional untuk meningkatkan presisinya.

Namun sepertinya kita tidak perlu menunggu ratusan tahun lagi. Pasalnya cikal bakal smart firearm sudah ada. Namanya adalah Mile Maker. Senjata super canggih ini mampu mendeteksi sasaran, tekanan udara, dan kecepatan angin. Membuat presisinya sangat tinggi.

Bahkan ketika dipakai pemula, ketepatan menembak Mile Maker mencapai tujuh puluh persen dengan jarak sasaran sejauh satu mil. Sebagai pelengkap, smart rifle ini juga dilengkapi dengan kamera dan peralatan komunikasi.

12. Kendaraan perang tanpa awak

moncong tank yang akan menembak
Credit: Pixabay

Kendaraan perang tanpa awak bukan teknologi baru dalam dunia militer. Pengembangannya telah dilakukan bertahun-tahun lalu. Misalnya saja pesawat nirawak Northrop Grumman Global Hawk yang dikembangkan sejak tahun 2008.

Global Hawk diakui sebagai pesawat tanpa awak paling canggih yang dimiliki Amerika Serikat. Biasanya ditugaskan untuk misi pengintaian dan pengamatan.

Sedangkan untuk kendaraan daratnya, ada tank Black Knight yang dikembangkan oleh BAE System. Ukuran tank ini lebih kecil, namun kegesitan dan kekuatannya tidak perlu diragukan. Black Knight cocok digunakan untuk misi-misi berbahaya yang tidak tertangani oleh manusia.

Tidak yang mampu menandingi kehancuran akibat penggunaan senjata nuklir. Ledakannya yang sangat kuat, dan radiasi yang ditinggalkannya mampu membawa umat manusia ke ambang kepunahan. Saking berbahayanya, belum ada senjata yang bisa menandingi kerusakan akibat senjata paling mematikan ini.

Oleh karena itu, jika Perang Dunia Ketiga pecah, tidak menutup kemungkinan penggunaan senjata nuklir. Walaupun sebagai senjata pamungkas yang digunakan ketika kekalahan di depan mata.


****

Itulah daftar senjata masa depan yang bakal digunakan ketika Perang Dunia Ketiga pecah suatu saat nanti. Akankah dunia hancur oleh senjata-senjata mematikan tersebut?

Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar teknologi atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Pixabay

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
2 Juli 2017 10.44 delete

hm...semoga nggak terjadi dah perang dunia ketiga dengan senjata-senjata tadi yang ada menghancurkan buminya langsung karena setiap senjata pasti memiliki efek menghancurkan alam sekitar

Reply
avatar