Ingin Hidup Bahagia? Saran Ilmuwan, Selalu Bersyukur Setiap Saat

seorang perempuan yang berbahagia duduk di antara rerumputan


raSains.com - Bersyukurlah, dengan begitu hidup kamu bakal menjadi bahagia. Kalimat ini sering dilontarkan banyak orang. Mulai dari orang tua kamu, teman, hingga para pemuka agama. Mereka kompak mengingatkan agar kita selalu bersyukur.

Namun benarkah bersyukur membuat hidup kamu bahagia? Ini adalah pertanyaan yang sederhana, namun sering bikin orang bertanya-tanya. Benar atau tidak ya?

Bersyukur terbukti membuat kamu bahagia

Syukur adalah ungkapan rasa terima kasih terhadap apa yang kamu dapatkan. Di mana dalam prosesnya kamu akan menyadari jika semua hal baik tersebut berasal dari luar diri kamu. Apakah itu dari Tuhan, alam, atau sesama manusia.

Dalam psikologi positif, rasa syukur sangat erat kaitannya dengan emosi positif, seperti gembira, dan rasa senang. Oleh karenanya, makin sering kamu bersyukur, perasaan negatif dalam diri kamu akan semakin berkurang. Dengan kata lain, orang yang sering bersyukur akan selalu dilingkupi perasaan bahagia.

Ada sebuah penelitian menarik mengenai hubungan rasa syukur dengan depresi. Penelitian tersebut dilakukan oleh Philip Watkins, psikolog asal Eastern Washington University. Watkins berhasil menemukan jika rata-rata pasien yang depresi disebabkan kurangnya rasa syukur. Bukan karena ketidakmampuan mengontrol emosi negatif.

Studi lain yang dimuat di Journal of Personality and Social Psychology mendukung apa yang ditemukan Watkins. Para peneliti berusaha menemukan kaitan antara bersyukur dan dampaknya bagi mental.

Penelitian ini melibatkan sejumlah orang yang dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diminta menuliskan hal-hal yang membuat mereka bersyukur, kelompok kedua menuliskan hal-hal negatif, dan kelompok ketiga netral. 

Hasil penelitian menunjukan jika rasa syukur berdampak positif bagi mental dan emosi. Di mana kelompok pertama menjalani hidup dengan lebih positif dan optimis dibanding dua kelompok lainnya.

Lalu apakah efek bersyukur cuma itu saja? Ternyata tidak, masih ada segudang manfaat dari kegiatan sederhana itu, tidak hanya membuat hidup lebih bahagia saja.

Segudang manfaat bersyukur yang harus kamu tahu

sekuntum bunga diberikan kepada orang di seberang pagar
Credit: Pixabay

Percaya atau tidak, bersyukur memiliki segudang manfaat yang tersembunyi. Kamu pasti tidak akan menduga beberapa di antaranya. Paling tidak ada enam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari selalu bersyukur, seperti dikutip dari Forbes. Apa saja itu?

1. Lebih disukai orang lain

Salah satu kunci rahasia disukai oleh orang lain adalah selalu bersyukur. Sekilas, memang tidak ada hubungan di antara keduanya. Namun penelitian yang dipublikasikan di Emotion menunjukan hubungan antara rasa syukur dengan disukai orang lain.

Dalam studi tersebut, ditemukan ungkapan terima kasih kepada orang lain, membuat kamu lebih disukai. Cobalah katakan terima kasih kepada teman kamu, atau pelayan yang membawakan makanan pesananmu. Perhatikan reaksi mereka baik-baik.

2. Menyehatkan badan

Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh selain berolahraga, salah satunya yakni bersyukur. Lho kok bisa? Berdasarkan laporan yang dimuat di jurnal Personality and Individual Differences, orang yang selalu bersyukur mengalami lebih sedikit sakit kepala dan lebih perhatian dengan tubuh mereka.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Penjelasan perihal ini datang dari Robert A. Emmons, Ph.D. Ia adalah orang yang berulang kali terlibat dalam penelitian terkait rasa syukur. Menurutnya bersyukur mampu mengurangi emosi-emosi negatif, seperti iri, frustasi, rasa penyesalan, dan tentu saja depresi.

Dalam jangka panjang, orang yang sering bersyukur akan memiliki mental yang stabil dan sehat. Karena dirinya dipenuhi dengan emosi positif yang meluap-luap. Jadi ketika kamu merasa galau dan murung, cobalah bersyukur, dan kamu akan merasa lebih baik.

4. Bikin kamu lebih berempati dengan orang lain

Orang yang sering bersyukur memiliki kadar empati yang jauh lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Hal ini terungkap dalam penelitian yang diadakan oleh University Kentucky.

Berdasarkan penelitian tersebut, orang yang selalu bersyukur cenderung kurang agresif. Mereka tidak mudah membalas komentar miring dari orang lain. Selain itu, mereka juga memiliki kadar sensitifitas dan empati yang jauh lebih tinggi.

5. Tidur lebih nyenyak

Bagi yang tidurnya kurang nyenyak, kamu bisa mencoba tips sederhana ini. Sebelum tidur, luangkanlah waktu sekitar lima belas menit untuk menulis catatan singkat mengenai hal-hal yang kamu syukuri. Baru setelah itu kamu bisa berangkat tidur.

Berdasarkan studi yang dimuat di Applied Psychology: Health and Well-Being, bersyukur sebelum tidur dapat membuat tidur kamu lebih lelap dibanding mereka yang tidak melakukannya. Tertarik untuk mencobanya?

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Pernahkah terlintas di benak kamu, jika bersyukur mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Berdasarkan studi yang dimuat di Journal of Applied Sports Psychology pada 2004, diketahui jika para atlet yang sering bersyukur lebih dapat menerima dirinya sendiri. Penerimaan ini berdampak bagi performa mereka yang melesat.

Penerimaan diri akan membuat kamu melihat capaian yang telah diraih dari sudut pandang yang berbeda. Kamu tidak akan lagi membandingkan apa yang kamu raih dengan apa yang orang lain capai. Imbasnya rasa percaya diri kamu akan meningkat drastis.

Cara sederhana agar kamu selalu bersyukur setiap saat

seorang perempuan sedang berdoa
Credit: Pixabay

Bersyukur itu gampang-gampang susah. Mudah dikatakan, tapi sulit dipraktikan. Padahal jika kamu tahu caranya, bersyukur itu sangat sederhana. Berikut ini beberapa cara agar kamu bisa bersyukur dalam keadaan apapun.

1. Berdoa

Berdoa merupakan salah satu wujud rasa syukur kamu terhadap Tuhan. Apa yang kamu raih dan bagaimana keadaan kamu hari ini, tidak bisa dilepaskan dari andil Yang Maha Kuasa. Selain berdoa, kamu juga bisa bersedekah, sekadar berbagai rezeki kamu kepada orang yang membutuhkan.

Orang Indonesia sendiri biasanya menggelar acara syukuran kecil-kecilan. Dengan mengundang kerabat atau teman dekat. Kegiatan semacam ini memang terlihat sepele dan tidak ada gunanya.

Namun berdasarkan sejumlah penelitian, berbagi dengan orang lain terbukti dapat menciptakan emosi positif, dan meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang.

2. Buatlah catatan kecil.

Tujuannya agar otak kamu terbiasa dengan bersyukur. Sehingga ketika kamu mendapatkan sesuatu, otomatis kamu akan mensyukurinya. Lalu apa saja yang bisa kamu catat?

Apapun. Kamu bisa mencatat kejadian-kejadian kecil yang terjadi sepanjang hari, seperti bantuan dari orang lain, makanan yang kamu santap, dan lain sebagainya. Lakukan ini secara rutin dan rasakan hasilnya.

3. Ucapkan terima kasih di dalam hati

Bagi kamu yang super sibuk, cara ini bisa sangat membantu. Tidak perlu repot-repot mencatat apapun. Kamu cukup membayangkan orang yang telah membantu kamu selama ini, dan ucapakan terima kasih kepada mereka di dalam hati kamu. Mudah kan?

4. Ingatlah masa-masa paling buruk

Cara bersyukur yang selanjutnya adalah mengenang momen-momen terburuk dalam hidup kamu. Cobalah ingat hal-hal buruk tersebut, dan bagaimana perasaan kamu pada saat itu. Rasakanlah.

Sekarang, coba lihat diri kamu. Bagaimana kamu tetap baik-baik saja setelah berjuang melewati hal-hal buruk tersebut. Dengan mengenang kejadian-kejadian buruk, kamu akan lebih mensyukuri keadaan kamu hari ini.

5. Ajukan pertanyaan kepada diri kamu sendiri

Cara ini adalah tips yang paling mudah. Karena kamu hanya perlu mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri kamu sendiri. Cobalah tanyakan kepada dirimu, “apa yang sudah saya berikan?”, “apa yang sudah saya capai sampai sekarang?”, “apa saja masalah yang sudah berhasil saya lewati hingga kini?”

Renungkan jawaban-jawaban tersebut, dan kamu akan merasakan rasa syukur muncul dari dalam hati kamu.

Video mengenai rasa syukur yang wajib kamu tonton 

Ekperimen mengenai rasa syukur

Dalam video dari Soul Pancake ini, kamu akan menemukan ekperimen mengenai efek ucapan terima kasih dengan peningkatan kebahagiaan seseorang. Penasaran?


Efek luar biasa dari bersyukur

Bagi kamu yang penasaran mengenai manfaat bersyukur, kamu bisa menyimak video dari Braincraft di bawah ini.



Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar kesehatan atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Pixabay

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »