15 Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia


raSains.com - Korea Utara merupakan negara yang paling misterius di muka Bumi. Tidak ada yang tahu pasti informasi detail mengenai negara komunis tersebut, termasuk kekuatan militernya. Bahkan Amerika Serikat sendiri kesulitan mendapatkan data pasti mengenai kekuatan tempur negara komunis tersebut.

Sampai saat ini, paling tidak ada sejumlah data mengenai militer Korea Utara yang berhasil bocor. Data tersebut berhasil didapatkan dari para pembelot dan sejumlah organisasi militer dunia. Berikut ini empat belas fakta mengerikan seputar militer Korea Utara yang bisa kamu ketahui.


1. Tidak ada yang tahu pasti anggaran belanja militer Korea Utara

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Gilad Rom

Berapa juta dolar yang dihabiskan Korea Utara untuk meningkatkan persenjataan mereka? Tidak ada yang tahu jumlah pastinya. Apalagi negara ini memberlakukan kebijakan Songun dalam menentukan anggaran.

Kebijakan ini memastikan anggaran militer berada di posisi paling atas. Lebih penting dibanding anggaran belanja lainnya, misalnya pemerintahan dan pembangunan.

Berdasarkan data yang dihimpun Amerika Serikat, diperkirakan anggaran belanja militer Korea Utara mencapai seperempat APBN mereka. Namun jumlah ini masih berupa perkiraaan. Berapa detailnya masih menjadi misteri hingga hari ini.


2. Punya jutaan tentara yang siap bertempur

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Tormod Sandtrov

Salah satu fakta mengerikan mengenai militer Korea Utara yaitu semua warga negara adalah tentara! Negara ini memang memberlakukan wajib militer kepada semua warganya, baik yang bekerja sebagai petani maupun buruh.

Menurut IISS Military Balance 2017, total pasukan Chosŏn'gŭl (Korean People Army atau KPA) mencapai 1,19 juta. Jumlah itu belum ditambah dengan tentara cadangan sebesar 600.000 orang.

Berdasarkan data tersebut, berperang dengan Korea Utara sama dengan bertempur melawan semua penduduk yang tinggal di negara tersebut. Jika perang pecah, dipastikan butuh bertahun-tahun hingga negara ini benar-benar takluk.

3. Paramiliter terbesar di dunia

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Stefan Karowski

Paramiliter Korea Utara terdiri atas pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam The Young Red Guards. Setiap Sabtu, mereka diwajibkan mengikuti latihan militer berdurasi empat jam.

Setelah para pelajar dan mahasiswa tersebut lulus atau menginjak usia 18 tahun, mereka akan didaftarkan menjadi bagian dari KPA. Berdasarkan data yang dirilis tahun 2012, jumlah paramiliter Korea utara mencapai 5.889.000. Jumlah yang fantastis!

4. Punya ratusan ribu pasukan elit khusus

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: BRJ INC.

Sama seperti Indonesia yang punya Kopassus, Korea Utara juga memiliki pasukan elit khusus. Pasukan khusus merupakan prajurit yang memiliki spesialisasi dalam bidang sabotase, pembunuhan orang-orang penting, dan infiltrasi. 

Keberadaan pasukan ini 'resmi' diumumkan pada parade ulang tahun Kim Il Sung ke 105 pada April 2017. Jumlah pasukan khusus Korea Utara sendiri mencapai 200.000 prajurit dari total 1,19 tentara.

Namun jumlah ini adalah jumlah 'di atas kertas'. Dalam kenyataanya tidak ada yang tahu berapa banyak pasukan elit yang dimiliki Korea Utara. Apakah memang 200.000 atau malah kurang.

5. Tentara siber yang super tangguh

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Marcelo Druck

Meski negara ini terkesan tertutup dan jauh dari perkembangan teknologi, namun kemampuan tentara siber Korea Utara berada di atas rata-rata. Pasukan ini tergabung dalam divisi khusus bernama Bureau 121. 

Divisi ini beranggota enam ribu peretas yang telah berpengalaman menyerang situs-situs pemerintahan. Bahkan Bureau 121 dicurigai sebagai dalang penyerangan server Sony Pictures Entertainment di tahun 2014. Gara-garanya, pihak Sony memproduksi film komedi ‘The Interview’. Di mana mereka memparodikan pemimpin tertinggi Korea Utara.


6. Pasukan bunuh diri


Bom yang mereka bawa bukan lagi berupa bom panci atau bom rakitan, melainkan bom nuklir! Kabar mengerikan ini pertama kali terkuak dari sebuah foto yang beredar pada tahun 2013. Dalam foto tersebut, terlihat sejumlah tentara membawa tas ransel dengan simbol nuklir!

Apakah benar-benar ada nuklir di dalam tersebut? Tidak ada orang yang tahu. Yang jelas, foto tersebut adalah tanda jika Kim Jong Un bisa saja memanfaatkan pasukan bunuh diri di masa depan.

7. Jumlah kapal selam mereka setara dengan Amerika Serikat

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Jonathan Moreau

Total kapal selam yang dimiliki Amerika Serikat yaitu 72 unit. Sedangkan jumlah yang dimiliki Korea Utara sekitar 70 hingga 75. Meski jumlahnya sama, posisi Amerika Serikat tetap di atas angin. Pasalnya kapal selam Korea Utara merupakan peninggalan Uni Soviet yang diproduksi tahun 50’an.

Di sisi lain, Pyongyang masih terus mengembangkan rudal jarak menengah dan jauh khusus kapal selam. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, rudal-rudal tersebut mampu membawa hulu ledak nuklir dan dilengkapi dengan teknologi bahan bakar terbaru.

Hal ini membuat Jepang dan Korea Selatan dilanda was-was akan serangan kapal selam Korea Utara. Apalagi pada Agustus 2016, media Korea Utara merilis video percobaan rudal balistik kapal selam yang dinamakan KN-11.

8. Negara kecil dengan ribuan senjata

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Stefan Krasowki

Meski wilayahnya kecil, namun senjata yang dimiliki Korea Utara cukup banyak. Untuk angkatan darat, setidaknya Pyongyang memiliki 3.500 tank berbagai jenis, dan 21.000 artileri. 

Sedangkan pesawat tempur yang dimiliki Korea Utara mencapai 563 pesawat tempur. Belum lagi ditambah dengan 80 helikopter. Menjadikan angkatan udara Korea Utara sangat mumpuni.

Untuk angkatan lautnya memiliki sekitar tujuh puluh kapal selam, tiga kapal fregat, dan empat ratus kapal patroli. Belum lagi ditambah sejumlah kapal selam mini yang masih misterius.

Banyaknya persenjataan yang dimiliki Korea Utara, membuat kekuatan tempur negara ini tidak bisa dianggap enteng begitu saja.


9. Memiliki senjata nuklir, namun jumlahnya masih misteri

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: ..Arlison Wonderland..

Tentunya kamu sering mendengar hal ini di berita maupun internet. Ya, Korea Utara memang identik dengan senjata nuklir. Tiap tahunnya mereka bahhkan rutin melakukan uji coba.


Proyek pengembangan senjata nuklir Korea Utara sebenarnya sudah dilakukan puluhan tahun silam. Tepatnya pada tahun 1950'an dengan bantuan dari Uni Soviet. Namun keberadaannya baru dideklarasikan pada tahun 2005.  Di mana sejak saat itu, Korea Utara terus melakukan uji coba hingga hari ini.

Lalu berapa jumlah senjata nuklir yang dimiliki negara ini? Masih menjadi misteri. Namun diperkirakan, Korea Utara memiliki plutonium yang cukup untuk membuat lima atau enam bom atom.

10. Memiliki senjata kimia dan biologi

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Experts Infantry

Selain program senjata nuklir, Korea Utara juga memiliki program pengembangan senjata kimia. Diduga Pyongyang telah mampu memproduksi sejumlah senjata kimia khas Perang Dunia Pertama, seperti gas mustard, chlorine, sarin, phosgene, dan VX.

Kecurigaan ini bertambah besar ketika Kim Jong Nam, saudara tiri Kim Jong Un, dibunuh dengan VX di Malaysia. Sedangkan keberadaan senjata biologinya masih simpang-siur. Namun Seoul percaya jika Pyongyang mampu membuat anthrax dan smallpox.

11. Jangkauan senjata artileri hingga ribuan kilometer

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: International Campaign to Abolish Nuclear Weapon

Seperti yang kamu tahu, Korea Utara selalu rutin menggelar uji coba artileri mereka. Meski sering kali senjata itu gagal diluncurkan. Meski begitu jangkauan rudal mereka sangat luas.

Sejauh ini, ada empat macam rudal yang baru diketahui, yakni Nodong, Taepodong-1, Musudan, dan Taepodong-2. Nodong adalah rudal jarak menengah dengan jarak jangkauan hingga 1.000 kilometer. Seluruh Korea merupakan sasaran empuk rudal ini. 

Sedangkan jangkauan Tepodong-1 dua kali lipat dari Nodong, yakni 2.200 kilometer. Rudal yang selanjutnya, Musudan, mampu menjangkau seluruh wilayah Jepang, dengan jangkauan maksimal hingga 4.000 kilometer. 

Rudal yang paling mengerikan adalah Taepodong-2. Rudal ini adalah yang terkuat dengan jarak jangkauan yang sangat jauh. Tembakan Taepodong-2 bahkan mampu mencapai Pulau Kalimantan!

Meski memiliki sejumlah rudal mengerikan, nampaknya Korea Utara masih belum puas. Kini mereka tengah mengembangkan rudal balistik antar benua. Di mana rudal tersebut mampu menjangkau seluruh Amerika!

12. Memiliki sejumlah pangkalan rahasia

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: (stephan)

Korea Utara memiliki sejumlah pangkalan rahasia bawah tanah dan di dalam pegunungan. Salah satu pangkalan militer rahasia mereka yang berhasil terkuak terletak di samping Pangkalan Udara Panghyon. Dicurigai pangkalan tersebut digunakan sebagai tempat pengayaan uranium.

Berdasarkan perkiraaan Pemerintah Amerika, terdapat enam hingga delapan ribu fasilitas rahasia di Korea Utara. Di mana sebagian besarnya berada di bawah Kota Pyongyang dalam bentuk bunker.

Sisanya berupa terowongan rahasia yang menghubungkan berbagai tempat strategis. Ukurannya beragam, mulai dari seukuran orang hingga mampu menampung tank.

13. Program drone militer

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Pixabay

Program drone militer Korea Utara tidak sengaja terkuak pada Agustus 2015. Seorang turis yang tengah berwisata di tapal batas Korea Utara dan Korea Selatan (DMZ) secara tidak sengaja mengabadikan sejumlah orang berpakaian militer yang tengah menguji coba drone.

Berdasarkan foto yang didapatkannya, diduga drone tersebut merupakan pengembangan dari SKY-09, drone yang biasa dijual di Cina. Pasalnya foto drone tersebut memiliki sejumlah kesamaan dengan drone Korea Utara yang rusak di wilayah Korea Selatan.

14. Kapal selam mini yang misterius

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Kishrieves

Keberadaan dan kemampuan kapal selam mini Korea Utara memang masih misterius. Begitu juga dengan kemampuannya. Namun pada tahun 2010, Cheonan, kapal selam angkatan laut Korea Selatan, tiba-tiba tenggelam.

Tidak ada yang tahu penyebab pastinya. Hanya saja di sekitar lokasi, ditemukan serpihan torpedo CHT-02D. Di mana torpedo jenis ini biasa digunakan oleh Sang-O dan Yono, dua jenis kapal selam mini Korea Utara.

Oleh karenanya, banyak pihak yang menyebut kapal selam mini sebagai salah satu senjata tercanggih Korea Utara.

15. Punya senjata laser

Fakta Mengerikan Militer Korea Utara yang Menggetarkan Dunia
Credit: Andrew "FastLizard4" Adam

Senjata laser masuk ke dalam daftar senjata yang dimiliki Pyongyang. Senjata ini sangat berbahaya karena mampu membutakan mata manusia dan merusak sensor fotoelektrik. Karena itu, penggunaan senjata laser telah dilarang melalui Protocol on Blinding Laser Weapons pada tahun 1995

Meski peredarannya telah dilarang, nampaknya Korea Utara memiliki sejumlah senjata laser ZM-87. Dugaan ini berasal dari laporan penggunaan ZM-87 kepada dua Helikopter Apache milik Amerika Serikat yang tengah berpatroli pada tahun 2003 silam.

****

Data di atas bisa saja berlainan dengan kenyataan. Mengingat kekuatan militer adalah hal yang sensitif. Kerahasiaan adalah hal yang sangat penting. Apalagi musuh Korea Utara adalah negara adidaya Amerika Serikat .




Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar sosial dan politikragam, atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar: NOS Nieuws

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
10 Juni 2017 19.32 delete

gila korut dewanya tentara di asia nihh

Reply
avatar
16 Juni 2017 13.36 delete

yang nomor 6 paling mengerikan pokoknya

Reply
avatar
31 Januari 2018 11.40 delete

fakta-fakta militer korea utara memang gak di ragukan lagi ya, banyak sekali senjata nuklir bahkan hingga senjata kimia yang mereka gunakan..

Reply
avatar