10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu

raSains.com - Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar nama bambu? Tanaman berjenis rumput-rumputan, barang-barang kerajinan, atau rumah dari bambu? Ya, bambu memang identik dengan hal-hal tersebut.

Namun jika kamu ditanya apa yang menarik dari bambu, kira-kira apa jawabanmu? Bingung kan? Padahal tanaman yang satu ini memiliki sejumlah fakta menarik, melebihi apa yang kamu duga.

Misalnya saja, tanpa bambu, Thomas Alfa Edison tidak akan menemukan bohlam. Selain itu, ternyata bambu adalah material yang sangat kuat, bahkan lebih tahan banting dibanding baja. Menarik kan? Daftar lengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini. Ada sepuluh fakta menarik tentang bambu yang bisa kamu ketahui.

Memegang rekor dunia

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu
Hutan bambu. Credit: Ted

Pohon bambu memegang rekor dari Guiness World Record sebagai tanaman yang paling cepat tumbuh. Bayangkan saja, dalam tempo satu hari saja, satu batang bambu dapat tumbuh hingga 60 cm! Bahkan bisa lebih, jika didukung dengan tanah dan iklim yang bagus.

Ditambah lagi, pohon bambu terbilang bandel. Tanaman ini dapat berkembang biak melalui akar dan rizomanya. Jika tidak terkontrol, maka pertumbuhan pohon bambu dapat bersifat invasif.

Mudah diperbarui

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu
Credit: James Jardine

Kecepatan pertumbuhan bambu yang mengerikan, membuat tanaman ini dapat dipanen dalam jangka waktu yang singkat. Hanya dalam tempo setahun hingga lima tahun saja. Bandingkan dengan tanaman kayu-kayuan lain, misalnya sengon ataupun jabon, yang membutuhkan waktu minimal lima tahun sebelum bisa dipanen.

Oleh karena itu, sejumlah perusahaan Amerika di Afrika tengah mengembangkan perkebunan bambu di sekitar Danau Besar Afrika. Di mana hasil panennya akan didistribusikan ke sejumlah negara.

Penghasil oksigen lebih baik

bambu penghasil oksigen
Credit: fdecomite

Pohon apakah yang paling banyak menghasilkan oksigen? Bambu jawabannya. Tanaman ini hampir 35 persen lebih baik dalam menghasilkan oksigen dibanding pohon biasa. Tidak hanya itu, bambu juga mampu menyerap karbondioksida sebanyak 1,2 ton pertahun setiap 2,5 akre (sekitar 1,2 hektar).

Mengandung anti bakteri alami

rayon terbuat dari serat bambu
Benang bambu: Credit: Ny

Serat bambu dapat digunakan sebagai tekstil yang dikenal dengan nama rayon. Kandungan anti bakteri di dalamnya, membuat tekstil dari bambu lebih bagus dibanding dari kapas. Sebagai perbandingan, pakaian yang terbuat dari serat bambu dapat membunuh hampir semua bakteri, sedangkan pakaian kapas tidak.

Ini membuat pakaian dari serat bambu tidak perlu dicuci setiap hari. Karena itu, kain dari serat bambu cocok digunakan untuk membuat popok, dan handuk.

Lebih kuat dibanding baja

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu
Credit: Wikimedia

Benarkah bambu lebih kuat dibanding baja? Ya. Kekuatan bambu memang jauh mengungguli baja, terutama dalam kemampuan merenggangnya. Itulah kenapa rumah-rumah di daerah rawan gempa, misalnya Jepang, menggunakan bambu. 

Sayangnya di Indonesia, rumah bambu diidentikan dengan kemiskinan. Padahal di luar negeri banyak orang yang memanfaatkan bambu untuk membuat rumah.

Membantu Thomas Edison menemukan bola lampu

bola lampu thomas edison
Credit: Dannyqu

Apakah kamu pernah mendengar peran bambu dalam penemuan bola lampu? Belum pernah? Padahal bambu memegang peran yang vital dalam penemuan bola lampu.

Edison memanfaatkan arang bambu sebagai kawat pihar untuk memproduksi bola lampu secara masal. Alasannya karena daya tahannya cukup bandel, mencapai 1.200 jam. Jauh lebih lama dibanding kawat pijar yang terbuat dari kapas, maupun kertas.


Bisa dibuat menjadi penyegar udara

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu
Credit: Andy

Kandungan anti bakteri di dalam serat bambu, telah menarik minat sejumlah perusahaan untuk mengembangkan penyegar udara berbahan arang bambu. Hasilnya sangat efektif. Bau tidak sedap yang ada di ruangan, mobil, dan kamar mandi, hilang seketika.

Penggunaan penyegar udara dari bambu juga lebih ramah lingkungan, dibanding dengan yang berbahan kimia. Sayangnya, produk ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Jadi jika kamu ingin membelinya, mau tak mau harus memesannya melalui Amazon ataupun e-bay.

Sedikit mengandung gizi

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu
Seekor panda yang tengah lahap memakan bambu. Credit: Amy The Nurse

Bambu merupakan makanan pokok bagi panda. Sayangnya, kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya amat sedikit. Ini membuat panda harus mengonsumsi 12-38 kilogram bambu perhari untuk mendapatkan energi yang cukup.

Orang-orang Asia juga sering menggunakan tunas bambu atau rebung sebagai bahan makanan. Biasanya rebung akan diolah dengan santan ataupun ditumis. Memang kandungan gizinya rendah, namun cukup untuk mengganjal perut yang keroncongan.


Wadah menyimpan alkohol

10 Fakta Menarik Tentang Bambu yang Tidak Banyak Orang Tahu
Credit: Simon Law

Di Cina, alkohol akan dimasukan ke dalam bambu untuk meningkatkan rasa dan kualitasnya. Alkohol akan dimasukan ke batang bambu muda dengan teknik khusus. Nantinya alkohol akan bercampur secara alami dengan getah bambu dan flavonoid.

Setelah cukup tua, batang bambu tersebut bakal dipotong untuk diambil alkoholnya. Hasilnya, rasa dan kualitas alkohol meningkat drastis. Tertarik mencobanya?

Bambu dapat digunakan untuk apa saja

sepeda bambu
Sepeda bambu. Credit: hunkichunki

Daya tahannya yang luar biasa, ditambah fleksibelitasnya yang tinggi, membuat kegunaan bambu hampir tidak terbatas. Mulai dari konstruksi, pembuatan sepeda, alat musik, sikat gigi, hingga beragam kerajinan.

Apalagi ditambah anti bakteri yang dikandunganya, membuat bambu sangat aman bagi manusia. Tidak heran jika beberapa masyarakat memiliki budaya menyimpan minuman di dalam bambu, misalnya alkohol di Cina dan badeg di Indonesia.


Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar flora dan faunadan alam semesta atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: cheryl flava

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »