Sering Nongkrong Ternyata Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

sering nongkrong terbukti secara ilmiah bikin panjang umur

raSains.com - Sebagai anak muda, nongkrong adalah barang yang wajib. Paling tidak dalam seminggu, kamu pasti meluangkan waktu untuk nongkrong. Meski kadang orang tua memandang sebelah mata aktivitas ini.

Mereka menganggap nongkrong adalah kegiatan yang buang-buang waktu dan tidak berguna. Namun benarkah apa yang mereka katakan? Belum tentu juga.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, nongkrong ternyata dapat bikin kamu berumur panjang lho. Makin sering kamu nongkrong makin panjang umur kamu. Lho kok bisa?

Makin luas pertemanan kamu, makin panjang umurmu

sering nongkrong terbukti bikin panjang umur
Credit: Bekassine
Penelitian soal pengaruh nongkrong terhadap umur seseorang telah dilakukan oleh PLOS Medicine di tahun 2010. Para peneliti menemukan jika seseorang yang lebih banyak menghabisakan waktunya sendiri memiliki resiko kematian yang lebih tinggi dibanding mereka yang sering nongkrong.

Pasalnya orang-orang semacam itu lebih rentan terkena gaya hidup yang buruk. Misalnya jarang berolahraga, mengonsumsi rokok dalam jumlah hal yang besar dan aktivitas-aktivitas negatif lain. Fakta ini merupakan kesimpulan yang diambil dari analisa 148 kasus.

Lalu kenapa nongkrong menjadi salah satu indikator dalam penelitian ini? Jawabannya sederhana. Menurut Julianne Holt-Lunstard, anggota asosiasi psikologi di Brigham Young, mengatakan hubungan pertemanan secara tidak langsung mendorong seseorang untuk hidup lebih sehat.

Misalnya ketika kamu merasa kurang enak badan ketika nongkrong. Teman kamu pasti bakal menyarankanmu untuk segera pergi ke dokter. Bahkan menawarkan diri untuk mengantarmu ke sana.

Selain itu, keberadaan teman juga dapat mengalihkan emosi negatif dari dalam diri kamu. Sekarang bayangkan ketika kamu curhat mengenai masalah yang tengah dihadapi ke seseorang, bukankah perasaanmu jadi lebih tenang dan lega?

Nongkrong bareng orang tua juga bisa bikin mereka berumur panjang

nongkrong bersama orang tua bikin mereka panjang umur
Credit: Alex Krasavtev
Efek nongkrong terhadap umur panjang tidak hanya berlaku bagi anak muda saja, namun juga orang tua. Ternyata makin tua seseorang makin mengecil pula lingkaran sosialnya. Akibatnya hanya sedikit orang yang bisa menghabiskan waktu dengan mereka.

Hal ini membuat mereka merasa kesepian. Dan tahukah kamu jika kesepian dapat meningkatkan resiko kematian seseorang. Tingkat bahayanya dapat kamu samakan dengan rokok. Fakta mengejutkan ini didapatkan dari hasil riset yang dipublikasikan di jurnal Public Library Science.

Menurut penelitian tersebut, kesehatan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor fisik namun juga psikologi. Stres, depresi, dan kesepian merupakan faktor psikologis yang dapat memicu beragam penyakit bagi orang tua.

Lalu bagaimana jika kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga tidak bisa ngobrol barsama orang tua? Kamu bisa mendorong mereka untuk mengikuti berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang, misalnya ikut kelompok pengajian.

Di sana orang tua dapat berinteraksi dengan sesamanya. Hal ini dapat mencegah perasaan kesepian timbul dalam diri mereka. Apalagi di Indonesia hampir di tiap tempat ada kelompok pengajian rutin, terutama tiap malam jumat.

Namun jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu bersama mereka. Tak perlu membawa mereka liburan, cukup ngeteh bersama sambil membicarakan topik-topik ringan. Apakah kamu sudah melakukan hal ini?


Yuk nonton versi video artikel ini


Bagi yang belum cukup puas dengan penjabaran di atas atau lagi malas membaca artikel, kalian bisa menonton video dari MentalFloss di bawah ini. Kalian akan menemukan 26 fakta menarik menurut sains seputar pertemanan.





Setelah kamu mengerti semuanya, kini tak perlu lagi donk repot-repot cari tips agar berumur panjang di internet lagi. Karena tipsnya cukup satu saja yaitu sering nongkrong!

Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar kesehatan atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Dominic Alves

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »