Roti Ini Dipanggang dengan Lava Gunung Berapi. Bagaimana Rasanya?

roti yang dipanggang dengan lava gunung berapi

raSains.com - Roti merupakan makanan yang mudah ditemukan di mana-mana. Dari Amerika Serikat hingga Indonesia. Harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp1.000 hingga puluhan ribu. Tergantung bahan dan toppingnya.

Proses pembuatan roti sendiri cukup beragam. Ada yang dikukus, digoreng, hingga dipanggang. Tentu saja setiap proses pembuatan selalu meninggalkan jejak rasa yang khas, misalnya roti kukus yang lebih lembab atau roti panggang yang lebih kering. Namun tetap saja semuanya terasa lezat di lidah.

Lalu bagaimana jika ada roti yang dipanggang menggunakan lava gunung berapai? Apakah rasanya seenak roti panggang biasa? Atau...?

Kuliner khas asal Islandia

roti lava gunung berapi berasal dari Islandia
Credit: Jason Paris
Orang Indonesia mungkin jarang mendengar nama volcano bread atau ‘roti lava’. Jangan salah duga, roti yang satu ini tidak berisi cokelat yang meleleh keluar layaknya lava gunung berapi. Melain roti yang betul-betul dibuat dengan memanfaatkan panasnya lava.

Barangkali kamu baru pertama mendengarnya, tapi di luar sana, sudah banyak pelancong yang mencicipinya. Roti unik ini merupakan panganan khas Islandia yang memanfaatkan kekayaan alam setempat.

Pasalnya di negara tersebut terdapat ratusan sumber air panas alami yang diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi maupun panas bumi. Inilah yang dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mendapatkan pasokan air panas dan sarana memasak makanan, khususnya roti.

Roti yang dipanggang dengan lava tersebut dikenal sebagai Rúgbrauð oleh masyarakat setempat. Rasanya cenderung agak manis dengan permukaan roti yang tebal. Kelebihan roti lava ini yaitu tahan hingga berhari-hari tanpa tambahan bahan pengawet.

Rúgbrauð juga dikenal dengan nama thunder bread atau roti petir. Istilah ini berasal dari sendawa (flatulence) yang dikeluarkan oleh orang-orang yang terlalu banyak makan roti lava. Itulah sebabnya disebut dengan roti petir yang mengacu pada suara orang bersendawa.

Begini resep roti lava asal Islandia beserta cara pembuatannya

resep membuat roti lava gunung berapi di rumah

Sebelum kamu mencoba membuatnya di Indonesia, kamu perlu mengetahui dua hal. Pertama dibutuhkan suhu yang tepat dan kedua yaitu resepnya. Di Islandia sendiri, roti-roti tersebut dimasukan ke dalam pot yang ditanam di dekat sumber panas alami. Dimana suhunya mencapai 212 Fahrenhait (100 derajat Celcius) sepanjang waktu.

Bagaimana jika kamu tidak menemukan sumber air panas? Untungnya kamu bisa memanfaatkan slow cooker untuk membuat roti unik ini. Sebelum itu kamu tentu
membutuhkan resepnya. Beberapa bahan yang kamu butuhkan yaitu:
  • 150g rye flour (tepung gandum hitam)
  • 75g wheat flour (tepung terigu)
  • ½ sendok teh garam
  • Satu bungkus soda kue
  • 100g brown sugar atau molasses
  • 120g sultana (anggur)
  • 320ml susu

Setelah semua bahan terkumpul sekarang saatnya roti ini dibuat. Langkah-langkahnya sebenarnya cukup sederhana.
  1. Siapkan wadah (mangkuk) yang akan gunakan yang muat di slow cooker.
  2. Campurkan semua bahan di mangkuk terpisah.
  3. Nyalakan slow cooker. Kemudian tuangkan adonan ke dalam wadah yang telah disiapkan dan jangan lupa tutup dengan alumunium foil.
  4. Kemudian tuangkan air mendidih hingga memenuhi wadah.
  5. Masak hingga delapan jam. Jangan lupa untuk sering-sering mengecek kondisi air di wadah. Pastikan airnya masih ada dan kering.
  6. Setelah masak, angkat wadah dan diamkan beberapa menit. Kamu bisa menambahkan topping di atas roti sesuai selera. Thunder bread asal Islandia siap dinikmati.

Yuk tonton video pembuatan Rúgbrauð dari Koki Siggi Rafn Hilmarsson

Kalau kamu masih penasaran seperti apa proses pembuatan roti geledek ini di Islandia, yuk langsung tonton saja video dari Great Big Story di bawah ini. Dalam video ini kamu akan dipandu oleh Koki Siggi Rafn Hilmarsson bagaimana membuat roti unik ini langkah demi langkah.


Masuk ke dalam paket wisata ke Islandia

Keunikan kuliner ini menjadi magnet bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Islandia. Mereka berbondong-bondong pergi ke sini untuk menyaksikan langsung proses pembuatan roti lava sekaligus mencicipinya.

Peluang ini ditangkap oleh biro wisata setempat dengan dibuatnya paket wisata untuk mencicipi roti unik ini. Harganya sekitar 1500 ISK (sekitar Rp160 ribu) perorang. Paket sudah termasuk melihat langsung proses penggalian pot dan mencicipinya. 

Tertarik untuk mencoba?

Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar makanan dan minumandan ragam atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Learning Lark

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »