Ocumetics, Lensa Bionik yang Bikin Matamu Seperti Manusia Super

lensa bionik sembuhkan mata minus

raSains.com - Suatu saat nanti, mungkin umat manusia akan memakai lensa kontak (softlens) ataupun kacamata. Ini adalah ramalan yang banyak orang yakini. Pasalnya perkembangan teknologi memaksa manusia modern harus betah melihat layar komputer dan smartphone.

Dan kita tahu, jika blue light (sinar biru) dari layar berdampak buruk bagi kesehatan mata. Sebuah studi yang dilakukan pada 2011 lalu, menunjukan jika penggunaan smartphone yang berlebihan meningkatkan resiko terkena mata minus.

Jika hal ini terus berlanjut, tentu semua orang bakal menggunakan kacamata ataupun lensa kontak. Mengerikan bukan? Untungnya sebuah penemuan mampu mengusir nujum mengerikan tersebut.

Penemuan itu bernama Ocumetric. Sebuah lensa mata bionik yang bisa memulihkan mata minus dan meningkatkan ketajamannya hingga tiga kali lipat. Tertarik membelinya?


Mata dengan kemampuan super

lensa bionik bikin mata seperti superman
Credit: Brian Fuller
Ocumetics merupakan lensa bionik yang dikembangkan oleh ahli mata asal Kanada bernama Dr. Gart Webb. Risetnya sendiri memakan waktu hingga 8 tahun dan menghabiskan biaya sebesar$3 miliar (sekitar Rp40 triliun).

Berbeda dengan lensa kontak biasa yang bisa dipasang dan dicopot, penggunaan Ocumetrics bersifat permanen. Pemasangannya juga harus melalui prosedur operasi. Untungnya operasi pemasangannya hanya memakan waktu 8 menit saja.

Saking cepatnya, bahkan obat bius tidak dibutuhkan. Begitu selesai, ketajaman matamu akan meningkat drastis layaknya manusia super. Dr. Gart memberikan perbandingan seperti ini, jika mata normal membutuhkan jarak 10 meter untuk melihat jam di dinding, maka pengguna Ocumetics dapat melihatnya dari jarak 30 meter.

Selain memperbaiki mata minus, Ocumetric juga mampu menurukan resiko terkena katarak serta melemahnya mata akibat usia. Dengan kata lain, kemampuan penglihatan pengguna Ocumetric tidak akan menurun akibat bertambahnya usia.


Tidak semua ‘masalah’ mata dapat diatasi 

Ocumetics lensa bionik
Seperti ini bentuk lensa bionik Ocumetics dari dekat.
Apakah teknologi ini dapat menyelesaikan semua permasalahan mata? Jawabannya tidak. Ocumetics memiliki batasan tersendiri. Dikuti dari situs resminya, ada enam masalah mata yang tidak bisa disembuhkan dengan lensa bionik ini yaitu:
  1. Kornea berawan yang disebabkan trauma atau masalah lain.
  2. Mata yang telah kehilangan kornea yang disebabkan operasi katarak atau lepas secara alami.
  3. Kerusakan pada macula atau bagian tengah kornea.
  4. Faktor genetika.
  5. Kerusakan atau gangguan pada saraf optik
  6. Kerusakan otak yang mengakibatkan hilangnya penglihatan.

2 tahun lagi baru dapat dinikmati

Ocumetics lensa bionik
Penampakan Ocumetics
Sayangnya kamu perlu bersabar beberapa tahun lagi untuk bisa menikmati lensa bionik ini. Pasalnya, ijin peredaran Ocumetics masih dalam proses peninjauan oleh FDA (Food and Drug Administration). Itu juga baru untuk Eropa dan Kanada.

Sedangkan untuk global sepertinya bakal memakan waktu yang sedikit lebih lama. Lalu berapa perkiraan harganya? Menurut situs resminya, harganya sekitar $3.200 (sekitar Rp41 juta) untuk satu mata. Harga ini bisa berubah tergantung dari peralatan operasi yang digunakan.

Tonton wawancara langsung dengan sang penemu Ocumetics 


Bagi yang ingin menonton video wawancara Dr. Gart sang penemu Ocumetics, kalian bisa menyaksikannya di bawah ini. Kamu bakal menemukan informasi yang lebih detail dalam video garapan City tersebut.


Apakah kamu tertarik mencoba menggunakan Ocumetics suatu saat nanti? Sepintas memang kelihatan mahal, namun jika dilihat dari keuntungan yang akan didapatkan bukankah harganya cukup sebanding? 

Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar teknologi atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Trianons Oficial

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
10 April 2017 17.16 delete

OMG , Amazing !! Everything Informative
This Is really Ah Very good post. Taking the time and actual effort to produce a superb article…
Thanks For Sharing
also Visit Our Sites

http://wrestletag.com/

Reply
avatar