5 Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola

Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola

raSains.com - Siapa yang tidak kenal dengan Motorola? Perusahaan multinasional di bidang teknologi ini memiliki sejarah yang cukup panjang. hingga akhirnya pecah menjadi dua yaitu Motorola Solutions dan Motorola Mobility. Dimana yang terakhir telah dibeli Lenovo pada tahun 2014 lalu.


Sebagi perusahaan ‘tua’, Motorola telah menghasilkan beragam produk inovatif di bidang teknologi. Beberapa di antaranya bahkan masih digunakan sampai saat ini. Sisanya telah menjadi landasan bagi hadirnya teknologi baru yang sekarang kita nikmati.

Meski demikian, tidak banyak yang tahu jika Motorolalah yang pertama kali menemukannya. Kira-kira apa saja penemuan-penemuan tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.


Radio Mobil

Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola
Ilustrasi radio mobil: Kārlis DambrānsKārlis Dambrāns
Kisah kesuksesan Motorola dimulai dengan penemuan radio mobil pertama. Saat itu, perusahaan ini masih bernama Galvin Manufacturing Corporation dengan produknya berupa baterai eliminator.

Baru pada tahun 1930, Paul V. Galvin, Joseph Galvin, dan William Lea mengenalkan radio mobil pertama bernama Motorola. Pada mulanya radio mobil tersebut dinamakan 5T71, namun karena dirasa kurang menjual maka diubah menjadi Motorola.

Kata Moto diambil dari motocar, dan ‘ola’ berasal dari Victorola yang mana merupakan nama yang populer di masa itu. Barulah pada tahun 1947, nama Motorola resmi digunakan menggantikan Galvin Manufacturing.


Handie Talkie

Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola
Seorang tentara yang tengah menggunakan handy talkie. Credit: Photosnormandie
Penemuan selanjutnya yaitu handy talkie yang lebih dikenal dengan nama HT. HT sendiri merupakan versi genggam dari walkie talkie yang memanfaatkan transmisi radio dua arah AM.

Proses pengembangannya dimulai sejak tahun 1940, dan mulai diproduksi masal dengan nama SCR-536 setahun kemudian. Beberapa keunggulan yang dimiliki SCR-536 yaitu kedap air, mudah dibawa kemana-mana, serta jangkauan yang cukup luas.

Untuk di darat, jarak jangkauannya mencapai 1 mil (sekitar 1,6 kilometer), sedangkan di atas air hingga 3 mil (sekitar 4,8 kilometer). Alat komunikasi ini pertama kali digunakan oleh militer Amerika Serikat ketika Perang Dunia Kedua pecah.

Setelah perang usai, penggunaannya pun meluas ke kepolisian, bisnis, SAR, dan lain sebagainya. Sedangkan nama handy talkie sendiri sudah didaftarkan Motorola sebagai merk dagang pada tahun 22 Mei 1951 dengan nomor registrasi 71560123 di US Patent and Trademark Office.


Walkie talkie portabel

Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola
Para tentara yang menggunakan walkie talkie di perang Dunia Kedua. Credit: Photosnormandie
Bagi kamu yang sering bermain game ataupun menonton film berseting Perang Dunia Kedua, tentunya akrab dengan yang namanya walkie talkie. Alat komunikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan bobot yang lumayan, karena itu perlu dimasukan ke dalam tas ransel untuk membawanya ke mana-mana.

Sejak awal walkie talkie portabel memang didesain untuk militer. Di tahun 1940, Motorola diminta untuk memproduksi alat komunikasi yang dapat digunakan oleh infanteri. Maka dikembangkanlah Motorola SCR-300, radio dua arah FM portabel pertama di dunia.

Beratnya mencapai 15,9 kilogram dengan jarak jangkauan hingga 10 sampai 20 mil (16 hingga 32 kilometer). Sebelum ada SCR-300, walkie talkie hanya digunakan di dalam kendaraan, seperti pesawat maupun Jeep. Motorola sendiri memproduksi hampir lima puluh ribu unit SCR-300 semasa Perang Dunia Kedua.


Telepon seluler pertama

Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola
Ilustrasi telepon seluler. Credit: Kevin
Motorola dapat dibilang sebagai peletak batu pertama dalam industri telepon seluler. Pasalnya, merekalah yang pertama kali mengenalkan telepon seluler ke dunia.
Telepon seluler pertama tersebut dinamakan DynaTAC 8000X dan diluncurkan pada tahun 1983. Bentuknya cukup besar dengan bobot mencapai 2 kilogram.

Jika dipandang sekilas, desainnya menyerupai HT. Hanya saja ada tambahan layar LED untuk menampilkan teks. Dari sinilah industri telepon seluler berkembang hingga munculnya smartphone.

Ngomong-ngomong ada kisah lucu di balik pengembangan DynaTAC 8000X. Saat uji coba panggilan pertama kali, Martin Cooper, ketua tim pengembangan DynaTAC 8000X, memutuskan untuk mengerjai’ Joel Engel, saingannya dari A&T yang tengah mengembangkan produk yang sama.

Begitu telepon diangkat, ia langsung ‘memamerkan’ DynaTAC 8000X kepadanya. Namun tidak ada respon sedikitpun dari seberang telepon. Hanya ada kesunyian. Menurut Cooper, sampai hari ini Joel mengaku tidak pernah mengingat panggilan tersebut.


Pager dua arah

Inovasi Teknologi yang Ternyata Ditemukan Motorola
Salah satu pager buatan Motorola. Credit: Jack-Benny Parsson
Generasi 80’an tentu kenal sekali dengan yang namanya pager. Sebelum tergantikan dengan smartphone, orang biasanya berkirim pesan dengan pager. Kamu bisa mengirim pesan dan menerima pesan, layaknya SMS. Hanya saja jumlah katanya jauh lebih terbatas.

Pager sendiri tidak ditemukan oleh Motorola. Perusahaan ini hanya mengembangkan teknologi yang terdapat di pager sehingga menjadikannya dua arah alias dapat mengirim dan menerima pesan sekaligus. Produk tersebut dinamakan Tango

Beberapa keunggulan Tango dibanding pager biasa yaitu kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan, email, serta dapat dihubungkan dengan komputer agar bisa mengakses pesan yang lebih panjang.


****

Itulah lima inovasi yang ternyata ditemukan oleh Motorola. Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja inovasi tersebut. Ngomong-ngomong apakah kamu pernah mencoba beberapa di antaranya?


Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar teknologi atau artikel lain dari raSains.

Sumber gambar sampul: Boegh

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
17 April 2017 15.12 delete

wah |o| tapi sayang Produk motorola sekarang hampir oleng alias kalah saing. ;) dan hampir tidak terdengar lagi kabar dari mereka

Reply
avatar
18 April 2017 16.43 delete

mantap kali ternyata si motorola ini... yg saya tau dulu cuma punya hp merk motorola hahaha

Reply
avatar
19 April 2017 18.14 delete

Baru tau motorola punya penemuan teknologi yang keren. nice article. lanjutka gan

Reply
avatar