Tragedi Kyshtym, Bencana Nuklir Terparah yang Dirahasiakan dari Dunia

Bencana Nuklir Terparah yang Dirahasiakan dari Dunia

raSains.com - Bencana nuklir adalah bencana paling mengerikan yang bisa disebabkan oleh manusia. Radiasinya yang tertinggal dapat menyebabkan kematian hingga timbulnya berbagai macam penyakit dan masalah genetika.


Sejarah mencatat, jika bencana nuklir pernah terjadi berulang kali. Misalnya tragedi Chernobyl maupun meledaknya reaktor nuklir Fukushima beberapa waktu yang lalu. Masih ada juga tragedi Windscale Fire di Inggris dan tragedi Kyshtym.

Di antara bencana nuklir di atas, hanya tragedi Kyshtymlah yang paling tidak dikenal orang. Padahal bencana nuklir ini begitu parah hingga menelan ribuan jiwa. Sayangnya, detail mengenai kejadian ini tersimpan rapat selama puluhan tahun. Sebabnya, karena kejadian ini merupakan ‘top secret’  Rusia.

Puluhan tahun tragedi Kyshtym disembunyikan 

ledakan bom nuklir
Credit: juliana luz

Tragedi ini tidak akan pernah diketahui dunia seandainya Rusia tidak membukanya pada tahun 1987, 30 tahun pasca ledakan nuklir. Tidak ada yang menyangka jika puluhan tahun silam pernah terjadi bencana nuklir di negeri beruang merah tersebut.

Bencana ini bermula dari keinginan Uni Soviet akan persenjataan nuklir untuk menghadapi Amerika Serikat di Perang Dingin. Maka di akhir tahun 40’an, Stalin, sang pemimpin Uni Soviet, memutuskan untuk membangun sebuah pabrik nuklir rahasia. Lokasinya di berada di desa bernama Ozyrosk yang terletak tak jauh dari kota Kyshtym.

Sejak awal pabrik ini memang bermasalah. Sebabnya, di masa itu pengetahuan soal bahaya nuklir masih sangat minim. Sehingga tidak menghindahkan keamanan pabrik dan para pekerjanya. 

Contoh tindakan berbahaya yang terjadi di sana yaitu membuang limbah cair ke sungai, sedangkan limbah padat hanya ditumpuk di lokasi tanpa diolah lagi. Ditambah lagi, para pekerja juga tidak mengenakan pakaian anti radiasi.

Meski begitu, pabrik ini dapat berjalan dengan normal hingga tahun 1953. Pada tahun ini pabrik nuklir tersebut terpaksa ditutup karena tidak ada biaya operasional. Akibatnya pabrik tersebut terbengkalai selama bertahun-tahun.

4 tahun kemudian, tepatnya pada 29 September 1957, bencana nuklir terparah di dunia itu terjadi. Dimulai dengan gagalnya sistem pendingin yang memicu meledaknya reaktor nuklir.

Ledakan ini mengakibatkan berton-ton material radioaktif menyembur ke langit, menciptakan asap berbentuk jamur rakasasa. Diperkirakan luas wilayah yang terdampak radiasi mencapai 20.000 kilometer.

Makin mengerikan 

Tragedi Khystym, Bencana Nuklir Terparah yang Dirahasiakan dari Dunia
Peta luas wilayah yang terdampak. Wikipedia

Hal yang paling mengerikan adalah tidak ada satu orang pun yang menyadari hal ini. Bahkan para petani di Desa Korabolka yang menyaksikan kemunculan asap jamur, pada saat itu mengira perang nuklir baru saja pecah.

Ketidaktahuan ini menyebabkan tiga ratus nyawa melayang. Tak lama kemudian, pemerintah mulai mencanangkan relokasi besar-besaran. Sayangnya kebijakan ini hanya berlaku untuk etnis Rusia saja. Sisanya, etnis Tatars, dibiarkan tetap tinggal di lokasi. 

Rumornya sempat tersebar di Barat

Tragedi Khystym, Bencana Nuklir Terparah yang Dirahasiakan dari Dunia
Credit: thierry ehrmann 

Kejadian mengerikan ini sempat tercium oleh pers Barat. Hanya saja, kurangnya data dan akses ke sana membuat tragedi ini tenggelam selama beberapa waktu. Hingga Dr. Zorev Medvedev, seorang ahli biologi dan mantan warga Uni Soviet, menuliskannya di jurnal New Scientist di tahun 1976.

Sayangnya Barat tetap meragukan informasi ini. Mereka percaya, jika kejadian tersebut diakibatkan oleh polusi industri, bukan meledaknya reaktor nuklir.

Keadaan Kyshtym hari ini 

Sampai hari ini pun, detail mengenai apa yang terjadi di sana masih menjadi misteri. Pemerintah Rusia masih menyimpan sebagian besar informasi perihal tragedi Kyshtym. Sedangkan para korban yang menetap di sana sampai sekarang, masih berusaha menuntut kompensasi dan relokasi dari pemerintah Rusia.

Beberapa pihak sempat membuat video dokumenter mengenai tragedu Kyshtym. Salah satunya yaitu Now This. Melalui videonya, kamu bakal mengetahui betapa mengerikannya bencana nuklir Kyshtym yang sempat dirahasiakan dari dunia ini.



Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar sejarah dan ragam atau artikel lain dari raSains.

Sumber foto sampul: ..Arlison Wonderland..

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Em
20 April 2017 16.08 delete

Padahal udah dipublikasi tahun 80-an, tapi kok ane malah baru denger sekarang. Tengs, gan. Untung ada blog ente, jadi meski telat, ane akhirnya tahu.. Cuman karena masih penasaran, ane cari-cari tahu lagi info lainnya.
Mantap.

Reply
avatar
5 Juni 2017 13.25 delete

waduh bahaya juga kalo gtu gan!

Reply
avatar