Yuk Traveling ke Alnwick Garden, Taman Paling Berbahaya yang Ada di Dunia

Traveling ke Alnwick Garden, Taman Berbahaya yang Penuh Tanaman Beracun

raSains.com - Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata taman? Rindangnya pepohonan? Bunga yang berwarna-warni? Atau tempat refreshing di akhir pekan?

Bayangan semacam ini memang gambaran yang bakal kamu dapatkan setiap mengunjungi taman. Singkatnya taman itu indah dan nyaman. Tempat rekreasi untuk melewatkan akhir pekan, atau sekadar pelarian untuk rehat sejenak dari rutinitas yang membosankan.

Namun apa jadinya jika ada sebuah taman yang dipenuhi tumbuhan beracun? Akankah kamu mau berkunjung kemari ketika liburan?

Taman beracun itu bernama Alnwick Garden 

Traveling ke Alnwick Garden, Taman Berbahaya yang Penuh Tanaman Beracun

Alnwick Garden namanya. Sebuah taman yang hanya berisi tanaman berbahaya. Dimana kandungan racunnya dapat membunuh kamu dalam sekejap. Taman ini terletak di timur laut Inggris, tepatnya berlokasi di negara bagian Northumberland, yang mana berbatasan langsung dengan Skotlandia.

Sekilas, taman ini nampak indah dengan aneka bunga berwarna-warni dan air terjun buatan. Di belakangnya kastil Alnwick berdiri kokoh menambahkan kesan ala negeri dongeng. Apalagi kastil ini sempat digunakan sebagai lokasi Hogwarts dalam  film Harry Potter pertama dan kedua.

Sayangnya, semua tanaman yang ada disana memiliki racun yang mematikan. Total ada seratus tanaman yang dapat ditemui. Semuanya diambil dari seluruh penjuru dunia. Misalnya Brugmansia yang dikenal juga sebagai angel’s trumphet atau bunga terompet. Tanaman ini mudah ditemukan di Amerika Selatan.

Racun yang ada di bunga angel’s trumphet dapat menyebabkan teler yang berujung pada kematian. Efek teler yang ditimbulkan sepadan dengan mengonsumsi LSD (salah satu jenis narkoba). Pada era Viktoria, para wanita kerap menggunakan angel’s trumphet sebagai obat perangsang. Mereka biasanya mencampurkan potongan kecil bunga angel’s trumphet ke dalam satu cangkir teh.

Ada juga tanaman jarak (Ricinus Communis) yang bijinya mengandung racun risin. Risin sendiri memiliki daya meracun yang sangat tinggi. Sebagai perbandingan, satu biji tanaman jarak dapat membunuh satu orang remaja.

Selain tanaman beracun, Alnwick Garden juga memiliki sejumlah tanaman ilegal, misalnya Koka, mariyuana, hingga beberapa jenis tembakau. Bisa bayangkan betapa berbahayanya isi dari Alnwick garden bukan?

Mendapatkan inspirasi ‘berbahaya’ dari Italia

Traveling ke Alnwick Garden, Taman Berbahaya yang Penuh Tanaman Beracun
Credit: Matteo Negrini
Lalu siapa yang menggagas taman ‘ajaib’ yang penuh tumbuhan mematikan ini? Dia adalah Jane Percy, istri dari Duke Northumberland. Ceritanya bermula pada tahun 1995, ketika suaminya menjadi duke, mereka sekeluarga pindah ke Kastil Alnwick.

Di sana, suami Percy meminta dirinya untuk menata ulang taman kastil. Maka di tahun 1996, Percy mempekerjakan arsitek kenamaan Jacques Wirtz. Jacques sendiri memiliki track record yang cukup gemilang dengan mendesain ulang taman istana kepresidenan Prancis.

Konsepnya sendiri sejak awal memang belum jelas. Namun Percy menginginkan konsep taman yang tidak biasa. Mulanya ia berpikir untuk membuat taman yang penuh tanaman obat atau apotek hidup. Namun akhirnya gagasan itu buyar ketika ia berkunjung ke sebuah apotek hidup yang berisi tanaman beracun di Italia.

Sejak itu, ia mulai mengoleksi beragam jenis tanaman beracun dari seluruh dunia. Dengan kriteria utama yaitu tanaman tersebut memiliki cerita atau dongeng yang unik. Dari sinilah pembangunan Alwniick Garden dimulai.

Sekarang jadi tempat wisata populer 

Traveling ke Alnwick Garden, Taman Berbahaya yang Penuh Tanaman Beracun

Keunikan taman ini berhasil menarik ratusan ribu turis tiap tahunnya. Untuk menjaga keamanan dan keselamtan pengunjung, Alnwick Garden selalu memasang peringatan di tiap tempat. Peringatan tersebut meliputi larangan untuk mencium, menyentuh, dan mencicipi bagian tanaman yang ada di sini.

Meski demikian, tiap tahunnya selalu saja ada pengunjung yang keracunan. Pasalnya banyak dari mereka yang tidak mempercayai peringatan tersebut. Untungnya tim P3K selalu sigap menangani pengunjung yang keracunan, sehingga tidak pernah ada korban jiwa di Alnwick Garden.

Selain beragam tanaman beracun, kamu juga dapat menemukan atraksi lain di sini, seperti Rumah Pohon, Toko oleh-oleh, dan tentu saja berkunjung ke Kastil Alnwick yang pernah dijadikan lokasi Hogwarts.

Harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu £12.10 (sekitar Rp160 ribu) untuk dewasa dan £4.4 (sekitar Rp60 ribu) untuk anak-anak mengunjungi Alnwick garden saja. Sedangkan jika mengunjungi kastilnya sekalian, maka harga tiketnya menjadi £26.10 (sekitar Rp250 ribu) untuk dewasa dan 11.15 (sekitar Rp150 ribu) untuk anak-anak.

Apakah kamu tertarik traveling kemari? Ke taman paling berbahaya yang ada di dunia? Sebelum itu, kenapa tidak menonton video singkat dari Great Big Story tentang Alnwick Garden di bawah ini?



Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar travel, dan ragam atau artikel lain dari raSains.

Sebagian besar gambar diambil dari video Samuel Cernuto

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
10 April 2017 16.09 delete

mantaapp pengen gan, kapan2 kesana sama temen..

Reply
avatar
2 Mei 2017 19.10 delete

wah ini gila sih tanaman paling berbahaya di jadiin tempat wisata

Reply
avatar