Mungkinkah Ada Planet Berbentuk Donat?

jika planet berbentuk donat

raSains.com - Mungkinkah ada planet berbentuk donat? Sekilas pertanyaan ini terdengar mengada-ada. Hampir semua orang sepakat jika bentuk planet itu seperti tahu bulat. Sisanya percaya jika planet itu datar. Namun kalau bentuknya menyerupai kue yang tengahnya bolong, adakah yang percaya?

Ngomongin kepercayaan tentu sangat subyektif, tergantung dari pengalaman masing-masing. Orang bebas percaya atau tidak. Beda halnya jika hal tersebut dapat dibuktikan lewat sains. Dan berdasarkan sains, ternyata planet berbentuk bulat itu sangat mungkin ada. Lho kok bisa?

Penyebab planet itu bulat

planet bumi berbentuk donat
Credit: Gizmodo

Sebelum membahas soal planet berbentuk donat, ada baiknya kamu harus tahu alasan di balik kenapa planet itu bulat? Penyebabnya adalah adanya gravitasi ke arah inti planet.

Selama proses terbentuknya planet, gravitasi tersebut akan menarik berbagai massa (gas dan debu kosmik). Dalam jangka waktu jutaan tahun, akhirnya debu tersebut menggumpal dan membentuk bola.

Makin kuat gravitasi, makin besar ukuran bola tersebut. Dengan kata lain planet Jupiter sebagai planet terbesar di Galaksi Bima Sakti memiliki gravitasi yang jauh lebih kuat dibanding bumi.

Hal lain yang harus kamu tahu soal ini yaitu tidak ada planet yang benar-benar berbentuk bulat seratus persen. Hanya terlihat bulat saja dari kejauhan.

Bagaimana planet donat terbentuk?

bagaimana planet donat terbentuk

Ada dua syarat utama untuk terbentuknya planet donat. Pertama yaitu gravitasi yang tepat. Untuk memperolehnya, dibutuhkan dua macam Radius, yaitu Major Radius dan Minor Radius.

Major Radius akan mendorong massa dari tengah planet ke luar. Sebaliknya Minor Radius mendorong massa ke dalam alias menuju ke Major Radius. 

Syarat yang kedua ialah rotasi yang sangat cepat. Tujuannya agar tercipta gaya sentrifugal yang bakal mempertahankan bentuk donat. Gaya sentrifugal yaitu gaya ‘seperti akan terlempar’ yang kamu rasakan ketika menaiki komedi putar.


Keadaan lingkungan di planet donat

lingkungan di planet donat

Bentuknya yang tidak biasa tentu saja berefek pada lingkungan di planet donat. Agar penjelasan lebih mudah, mari kita bayangkan seandainya ada manusia yang tinggal di sana. Kira-kira apa saja yang bakal mereka alami di sana.

  • Durasi hari yang jauh lebih pendek
Kecepatan rotasi membuat durasi hari di planet ini sangat pendek. Jika dibandingkan Bumi, maka sehari di sana hanya beberapa jam saja di sini. Di sisi lain, bakal ada wilayah yang terus mengalami malam dan tidak akan pernah melihat matahari.

  • Suhu yang berbeda
Seandainya planet donat mengorbit bintang (matahari) dan memiliki jarak seperti  bumi dengan matahari, maka wilayah di garis khatulistiwa yang berada di sisi luar bakal memiliki suhu yang sama dengan bumi.

Ini bertolak belakang dengan wilayah khatulistiwa yang berada di sisi dalam. Wilayah ini diterjang panas eskstrim akibat pantulan panas dari sisi yang lain.

O iya, jika ada orang yang tinggal di sisi dalam, kalian bisa melihat sisi dalam planet donat yang berseberangan di langit.

  • Cuaca ekstrim
Perbedaan panas dan perubahan hari yang cepat menimbulkan cuaca yang ekstrim. Salah satunya yaitu angin topan. Bencana ini bakal sering terjadi, akibatnya bakal sulit untuk tinggal di planet ini.


Masih kurang jelas?


Bagaimana? Sudah cukup jelas? Atau jangan-jangan kamu merasa masih kurang? Jika seperti itu, ada baiknya kalian menyimak video mengenai kemungkinan adanya planet donat di bawah ini. Video buatan dari Artifexian ini bakal menjelaskan soal planet donat dengan lebih detail, lengkap dengan ilustrasi yang menarik.


Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar antariksa dan alam semesta atau artikel lain dari raSains.

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
15 Juni 2017 16.22 delete

wah lucu sekali bisa berbentuk donat gitu, di video pakai donat warna pink pula, hahahahah



koper merek luggo

Reply
avatar