Bitrex: Substansi Paling Pahit yang Pernah Diketahui Umat Manusia

bitrex substansi paling pahit guiness world record

raSains.com - Apa yang paling pahit di dunia ini? Ada banyak jawaban yang bisa diajukan, seperti temulawak, secangkir kopi ataupun diselingkuhi kekasih. Oke, lupakan yang terakhir.

Menurut Guiness World Record, substansi yang paling pahit di dunia ini adalah Bitrex. Saking pahitnya, sejumlah kecil substansi ini mampu mengubah rasa air kolam renang Olimpiade. Artinya cukup puluhan mililiter untuk mengubah ribuan galon air sekaligus.

Bahkan beberapa negara memanfaatkan Bitrex sebagai senjata perang, khususnya untuk menghancurkan logistik musuh. Mengerikan sekali bukan?

Lalu apa sebenarnya Bitrex itu? Dan sejak kapan substansi ini diketahui oleh manusia?


Bitrex bukanlah nama asli substansi tersebut

Meski substansi terpahit ini dikenal dengan nama Bitrex, tapi itu bukanlah nama aslinya. Nama sebenarnya adalah Denatonium Benzoate. Lho kok bisa dikenal dengan nama Bitrex?

Untuk menjawabnya, maka kita harus kembali ke tahun 1958. Di tahun itulah Bitrex pertama kali ditemukan. Penemunya adalah sebuah perusahaan farmasi asal Skotlandia bernama Macfarlan Smith.

Pada mulanya para peneliti di sana tidak sengaja menemukan jika bubuk denatonium benzoate memiliki rasa yang luar biasa pahit. Dari sini munculah ide penggunaan denatonium sebagai zat perasa pahit alkohol untuk medis menggantikan Brucini.

Tak lama kemudian substansi tersebut didaftarkan oleh Macfarlan Smith di bawah nama Bitrex. Sejak saat itu, orang-orang mulai menyebut denatonium benzoate dengan nama Bitrex. Mirip orang Indonesia yang menyebut pasta gigi dengan Pepsodent.


Manfaat Bitrex bagi manusia

Bitrex adalah substansi paling pahit di dunia
Bubuk Denatonium Benzoate

Meski rasanya pahit, Bitrex memiliki segudang manfaat bagi manusia. Terutama untuk menghindarkan produk berbahaya dikonsumsi oleh anak-anak dan binatang. Penggunaan Bitrex untuk hal-hal seperti ini sebetulnya sudah berlangsung sejak tahun 60-an

Pada mulanya Bitrex hanya digunakan sebagai campuran alkohol medis. Namun di awal tahun 1960-an mulai digunakan sebagai zat perasa pahit salep untuk mencegah babi dari tail biting (kelainan perilaku yang menyebabkan babi menggigit ekor babi lain).

Setelah itu, penggunaannya diperluas ke barang-barang rumah tangga. Misalnya cairan pembersih lantai, parfum, hingga mainan anak-anak. Sampai saat ini, lebih dari enam puluh negara yang memanfaatkan Bitrex.

O iya, satu hal lagi yang harus diingat soal substansi ini, yaitu Bitrex bukanlah racun dan tidak membahayakan manusia yang mengonsumsinya. Namun siapa juga yang suka makanan dan minumannya dicampur Bitrex?


Kompetisi mencicipi Bitrex

Sudah tahu kan apa yang paling pahit di dunia ini? Buat kamu yang suka tantangan, coba ikutan kompetisi foto yang diadakan Bitrex. Kamu cukup daftar di situs resmi mereka, dan kalian akan mendapatkan sampel Bitrex gratis.

Abadikan momen ketika lidahmu mencicipi kepahitannya. Kemudian unggah hasilnya ke media sosial. Jika beruntung, ada bingkisan menarik dari Bitrex. Berani mencoba?


Video proses pembuatan Bitrex

Bagi yang ingin menonton video dari Nile Red di bawah ini. Di sana kalian bisa mengetahui proses pembuatan Bitrex alias denotanium benzoate. Barangkali kamu bisa memakainya untuk menjahili teman.




Suka dengan artikel di atas? Baca juga artikel menarik seputar sains atau artikel lain dari raSains.

Gambar sampul: Curiosity

raSains.com hanya menyediakan konten unik berkualitas.

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

Write komentar
Anonim
3 April 2017 16.06 delete

wah josss gan

Reply
avatar